Powered By Blogger

Sabtu, 31 Maret 2012

PENGANTAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.

     Perjalanan panjang sejarah bangsa Indonesia yang dimulai sejak era sebelum dan selama masa penjajahan .
semangat perjuangan bangsa Indonesia yang telah ditunjukkan pada kemerdekaan 17 Agustus 1945 tersebut telah dilandasi oleh keimanan serta ketakwaan kepada Tuhan YME dan keihlasan untuk berkorban. Landasan perjuangan tersebut merupakan nilai-nilai prjuangan bangsa Indonesia, semangat seperti inilah yang harusnya dimiliki oleh masyarakat Indonesia.Tetapi nilai perjuangan kini sudah mulai surut dengan dinamika kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.Semangat perjuangan bangsa Indonesia merupakan kekuatan mental spritual  yang melahirkan kekuatan yang luar biasa dalam masa perjuangan fisik.

     Tujuan utama dari pendidikan kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa, nusantara , serta ketahanan nasional. NKRI adalah negara yang berdaulat yang mendapatkan pengakuan dari dunia internasional dan menjadi anggota PBB yang mempunyai kedudukan dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yaitu ikut memelihara dan menjaga perdamaian dunia.

   Pemahaman tentang demokrasi . Demokrasi adalah sebuah bentuk kekuasaan (kratein) dari , oleh dan untuk rakyat (demos). Menurut konsep demokrasi kekuasaan  menyiratkan arti politik dan pemerintahan , sedangkan rakyat beserta warga masyarakat diisyaratkan sebagai warga negara. Demokrasi Indonesia adalah satu sistem pemerintahan berdasarkan kedaulatan rakyat dalam bentuk musyawarah untuk mufakat dan menyelesaikan dan memecahkan masalah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar