NAMA :FITRIANI VONNA
KELAS :3EA03
NPM :12210858
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Dalam hal ini strategi
pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk kemajuan perusahaan/
produsen dalam bidang pemasaran khususnya. Strategi pemasaran yang diterpakan
harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan
pasar tersebut.
Pentingnya segmentasi
pasar bagi perusahan/ produsen disebabkan antara lain karena segmentasi memungkinkan
perusahaan lebih terfokus dalam mengalokasikan sumber daya,segmentasi merupakan
basis untuk menentukan komponen-komponen strategi,taktik dan value secara
keseluruhan, dan juga segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahkan
pesaing.
Dengan adanya hal ini,
maka perusahaan/ produsen terbantu mengidentifikasi peluang pasar dengan lebih
baik dan perusahaan mampu mengembangkan produk dengan tepat bagi setiap target
pasar.
LANDASAN
TEORI
2.1 Pengertian segmentasi pasar
Segmentasi pasar dapat di definisikan sebagai proses membagi
pasar menjadi bagian-bagian konsumen yang khas yang memiliki kebutuhan yang
sama dan kemudian memilih satu atau lebih segmen yang akan dijadikan sasaran.
Menurut Hermawan Kartajaya dkk (2003) dalam bukunya Rethinking Marketing
segmentasi berarti melihat pasar secara kreatif . Segmentasi merupakan seni
mengidentifikasikan serta memanfaatkan peluang-peluang yang muncul dipasar.
Berdasarkan pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa segmentasi
memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu usaha.
2.2 Tujuan segmentasi pasar
·
Memudahkan pembedaan pasar
·
Perbaikan pelayanan
·
Strategi yang lebih terarah
2.3 Target pasar
Dalam menentukan target
marketing perusahaan dapat mempertimbangkan lima pola berikut :
·
Single segment concentration :
perusahaan dapat memilih satu segmen saja. Perusahaan lebih bisa mencapai
posisi yang kuat disatu segmen saja .
·
Selective specialization : perusahaan
menyeleksi beberapa segmen. Segmen yang dipilih mungkin tidak saling
berhubungan tapi masing-masing segmen menjanjikan uang.
·
Product specialization : perusahaan berkonsentrasi membuat produk
khusus.
·
Market specialization : perusahaan
berkonsentrasi melayani berbagai kebutuhan dalam kelompok tertentu.
·
Full market coverage : perusahaan
berusaha melayani semua kelompok dengan produk yang dibutuhkan.
PEMBAHASAN
Pengaruh
segmentasi pasar terhadap perusahaan atau produsen.
Banyaknya perusahaan yang melakukan segmentasi pasar atas dasar
pengelompokkan variable tertentu. Jadi dengan
mensegmentasikan pasar secara umum perusahaan mempunyai motivasi untuk
mempertahankan dan meningkatkan tingkat penjualan dan yang lebih penting agar
kegiatan operasional perusahaan berlangsung dalam jangka panjang dan
berkelanjutan.
Segmentasi pasar dalam perusahaan juga bisa bermanfaat ataupun
menimbulkan resiko-resiko tersendiri bagi perusahaan.
Manfaat-manfaat dengan dilakukannya segmentasi pasar antara lain:
·
Perusahaan dapat mendeteksi secara cepat
dan tepat mengenai kecenderungan dalam pasar yang senentiasa berubah.
·
Dapat meciptakan produk yang sesuai
dengan permintaan pasar.
·
Dapat menentukan promosi/iklan
yangpaling efektif.
·
Dapat mengarahkan dana promosi yang
tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan
menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
Kelemahan-kelemahan atau resiko dari kegiatan segmentasi pasar
antara lai :
·
Biaya produksi akan lebih tinggi
dikarenakan waktu proses produksi yang lebih pendek.
·
Biaya promosi akan lebih tinggi ketika
sejumlah media tidak menyediakan diskon.
·
Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang
melakukan persaingan secara tidak sehat.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam melakukan segmentasi pasar.
Pengusaha yang melakukan segmentasi pasar akan berusaha
mengelompokkan konsumen kedalam beberapa segmen yang secarav relative memiliki
sifat-sifat homogen dan kemudian memperlakukan masing-masing segment dengan
cara atau pelayanan yang berbeda.
Banyak faktor yang harus dicermati untuk melakukan pengelompokkan
salah satunya adalah Variable-variable segmentasi : salah satu dimensi yang
dipandang memiliki perean utama dalam menentukan segmentasi pasar.
Yang merupakan variable utama dalam segmentasi terdiri dari :
·
Segmentasi geografi : berdasarkan daerah
asal atau daerah tempat tinggal.
·
Segmentasi demografi : berdasarkan usia,
jenis kelamin dan juga pekerjaan.
·
Psychographic segmentation :
karakteristik setiap konsumen seperti motivasi, kepribadian, persepsi,
interest, dll
Menentukan dasar segmentasi
Dalam menentukan dasar segmentasi yang akan digunakan dapat disesuaikan
dengan kondisi yang paling relevan. Sebagaimana diketahui bahwa konsumen
berbeda dalam banyak hal yang berpotensi membentuk segmen. Dengan demikian
perlu adanya kehati-hatian dalam memilih variable segemntasi agar sesuai dengan
perusahaan.
Agar strategi segmentasi tersebut tepat perusahaan yang pertama
harus memandang pasar dari sudut yang unik dan dengan cara yang berbeda dari
yang dilakukan pesaing. Kedua, metode segmentasi yang digunakan harus sejauh
mungkin mencerminkan perilaku pembelian atau penggunaan serta menentukan alasan
pelanggan untuk membeli.
KESIMPULAN
Jadi menurut saya, karena segmentasi ini dapat melihat melihat
peluang-peluang yang muncul di pasar segmentasi pasar ini memang sangat
dibutuhkan seorang produsen ataupun perusahaan karena segmentasi ini dapat
menjadi sarana bagin para pengusaha ataupun produsen untuk meraih keunggulan
bersaing di pasar.
Segmentasi pasar ini juga bisa membantu perusahaan untuk
menentukan komponen strategi yang dapat dilakukan perusahaan , membantu perusahaan
untuk lebih focus mengalokasikan sumber daya dan juga menjadi kunci untuk
mengalahkan pesaing apabila kita bisa memandang pasar dari sudut yang unik yang
jarang dilakukan oleh pesaing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar